HOW TO SHOP
1 Login or create new account.
2 Review your order.
3 Payment & FREE shipment

If you still have problems, please let us know, by sending an email to support@website.com . Thank you!

SHOWROOM HOURS

Mon-Fri 9:00AM - 6:00AM
Sat - 9:00AM-5:00PM
Sundays by appointment only!

Tak perlu Gunakan Calo, Seperti sistem mutasi BPKB MOBIL ATAU MOTOR

by Root Admin / February 8, 2018 / Published in Cerdas Finansial
Tak perlu Gunakan Calo, Seperti sistem mutasi BPKB MOBIL ATAU MOTOR
Mutasi kendaraan bermotor yaitu hal yang biasa terjadi. mutasi sendiri ialah perpindahan lokasi pembayaran pajak dari kendaraan bermotor bukan hanya fisik kendaraannya saja baik antarkabupaten hingga provinsi. Mutasi kendaraan bermotor sendiri memilki dua jenis, yaitu mutasi hanya pada satu daerah serta mutasi yang dikerjakan di lain daerah. Cabut berkas ke Polda setempat perlu dilakukan ketika telah menyertakan dua daerah untuk melaksanakan mutasi.

Paradigma sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa mengurus mutasi itu buang-buang waktu karena pesyaratan berbelit-belit, rumit, banyak puli, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu banyak yang beralih untuk menggunakan biro jasa untuk mengurusnya, meski harus mengeluarkan biaya ekstra.

Namun pada kenyataannya, tidak seribet yang dipikirkan selama ini. Sebab jika kita paham, mengerti dan sabar, semua persyaratan tersebut sangatlah mudah. Anda tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membayar layanan biro jasa. Kunci utamanya yaitu ketahui dengan jelas tata cara serta syarat-syaratnya lalu lengkapi dokumen yang harus di bawa ke kantor samsat terdekat. Luangkan waktu yang cukup sebab saat proses mutasi ada kemungkinan menunggu antrean.

Berkas hal yang demikian terdiri dari:
STNK orisinil dan salinannya
BPKB MOBIL ATAU MOTOR orisinil dan salinannya
KTP asli pemilik baru (pembeli) dan salinannya
Kuitansi pembelian motor bermaterai RP6.000 dan salinannya

Apabila dijalankan badan peraturan, semestinya ditambahkan: salinan akte pendirian, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai Rp6.000 dan ditandatangani pimpinan serta berstempel orisinil badan regulasiyang bersangkutan

Apabila dilaksanakan instansi pemerintah, mesti ditambah: surat tugas asli yang bermaterai Rp6.000 dan ditandatangani pimpinan serta berstempel absah instansi yang bersangkutan

Level Pengurusan Mutasi Sesudah
Jasmani berkas komplit, seketika datangi kantor Samsat tempat BPKB MOBIL ATAU MOTOR tersebut diterbitkan, kemudian lakukan level-tingkatan sebagai berikut:

1. Cek Tarif Motor
Petugas Samsat akan melakukan penggesekan pada nomor mesin motor serta nomor rangka Anda dengan tujuan mengecek tarif motor. Kemudian hasil pergesekan nomor rangka dan nomor mesin tersebut diserahkan ke loket bersama dengan berkas yang sudah disiapkan sebelumnya dan membayar Rp 30.000. setelahnya, seluruh berkas tersebut akan divalidasi serta dilegalisir oleh petugas.

2. Lanjut ke Tarif Pelayanan Mutasi Sesudah, Daerah Rp75.000
Lahiriah berkas kembali ditangan Anda, seketika mulai pengerjaan mutasi dengan mendatangi komponen pelayanan mutasi kendaraan. Formulir mutasi serta berkas balik nama dapat langsung Anda ambil di loket pendaftaran.

Dokumen yang sebelumnya dilegalisir akan diminta oleh sang petugas. Pengecekan fisik pun dilakukan kembali, apabila sudah memenuhi persyaratan maka Anda langsung bisa mengisi formulir tersebut. Terdapat pula panduan tata cara pengisian formulir yang dapat mempermudah Anda dalam mengisi formulir mutasi.

Jika dirasa belum paham betul mengenai pengisian formulir mutasi motor, maka tanyakan kepada petugas. Apabila semua telah selesai serahkan formulir mutasi tersebut ke loket, lalu Anda akan mendapatkan tagihan pembayaran pendaftaran mutasi motor dengan biaya sebesar Rp.75000 rupiah saja. Selesai dibayarkan, maka Andaa akan mendapatkan bukti tanda terima serta dijadwalkan kembali untuk mengambil berkas yang telah jadi umumnya sekita 5 hari berikutnya.

3. Pengambilan Berkas, Tempat Rp10.000
Pada hari yang sudah dijadwalkan, silahkan datang lagi ke kantor Samsat untuk mengambil berkas. Lalu bukti pembayaran mutasi yang sebelumnya telah diberikan wajib dibawa untuk diserahkan ke loket pelayanan. Tunggu beberapa saat lalu Anda akan dipangggil untuk menuju loket fiskal masuk ke tahap selanjutnya. Pada loket fiskal terdapat pembayaran lagi sebesar Rp.10.000 rupiah lalu diberikan tanda terima.

4. Datangi Kantor Samsat Tujuan Mutasi Motor
Setelahnya, jika masih memiliki waktu untuk ke kantor mutasi tujuan motor maka lakukanlah. Apabila tidak cukup waktu maka Anda harus berangkat cukup pagi sebab terdapat domino antrian yang lumayan.

5. Loket Cek Tarif, Daerah Rp0
Sesampainya di samsat tujuan mutasi, maka akan dilakukan kembali pengecekan fisik kendaraan motor maupun mobil. Setelahnya, serahkanlah dokumen yang telah dilegalisir dari Samsat sebelumnya taruh di loket kemudian tunggu hingga Anda dipanggil kembali oleh petugas.

6. Loket Berkas Mutasi, Tempat Rp0 (Kalau Bayar Fotokopi)
Jika Anda sudah dipanggil, ambillah berkas asli tersebut kemudian buat salinannya dengan membuat fotokopi. Dokumen tersebut berisi cek fisik serta kuitansi pembelian yang telah dilegalisir kembali oleh petugas. Pada loket berikutnya, Anda harus menyerahkan BPKB mobil atau motor asli beserta salinannya juga bukti pembayaran STNK. Jika telah lengkap dan benar, maka petugas akan mengembalikannya. Jadwal untuk pertemuan diadakan kembali dengan jangka waktu paling cepat keesokan harinya.

7. Loket Pembayaran STNK mobil atau motor
Datangi kembali Samsat sebelumnya sesuai dengan jadwal yang diberikan dengan membawa berkas bukti pembayaran lalu langsung serahkan ke loket. Jika Anda dipanggil kembali, siapkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan yang tertera pada STNK tersebut. Sedang untuk biaya pajak sendiri, telah ditetapkan oleh petugas berapa besaran biayanya. Sesudah nilai jual kendaraan bermotor telah ada daftarnya dan nilai jual itulah yang menjadi dasar perhitungan pajak.

8. Saat BPKB MOBIL ATAU MOTOR Baru
Tingkatan terakhir yakni mengurus pembuatan BPKB MOBIL ATAU MOTOR baru atas nama sendiri. Terdapat beberapa berkas yan harus disiapkan, yaitu:
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi STNK baru
3. Fotokopi legalisir cek fisik
4. BPKB mobil atau motor
5. Kuitansi pembelian mobil atau motor

Mengurus BPKB MOBIL ATAU MOTOR baru seharusnya ke Polda setempat. Anda langsung bisa datang ke Samsat setempat lalu ambil nomor antrean serta formulir pengurusan BPKB mobil atau motor. Selesai mengisi formulir BPKB mobil atau motor tersebut, serahkan ke loket formulir dan berkas-berkas lainnya sehingga petugas bisa mengeceknya.

Apabila telah lengkap dan disetujui oleh petugas, maka Anda akan diberikan tagihan pembayara pengurusan BPKB mobil atau motor dengan dana sekitar Rp.80.000 yang disetorkan ke loket bank terdekat. Sebaiknya seluruh berkas dihasilkan 1 agar tidak tercecer. Anda akan dipanggil petugas untuk diserahkan berkas penerimaan BPKB mobil atau motor yang baru. Dibuat kembali jadwal untuk pertemuan berikutnya untuk pengambilan BPKB mobil atau motor.

Pada hari yang telah ditentukan, Anda kembali ke Polda tersebut sambil membawa berkas penerimaan BPKB mobil atau motor, berkas tanda terima, fotokopi KTP sebagai bukti kevalidan. Setelah cocok, Anda akan dipanggil petugas dan diserahkanlah BPKB mobil atau motor yang baru.
Tagged under:

Hubungi Kami (SMS/WA/Telp)

0813 9864 3360
Email: sales@danapedia.com

PT. SALINGBANTU SUKSES BERSAMA
Jl. Prof Dr. Satrio Blok C-4 Kav 6-7 , Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan

Open in Google Maps

This is just a simple notice. Everything is in order and this is a simple link.

CREATE ACCOUNT

FORGOT YOUR DETAILS?